image

160 tahun yang lalu, Franz Wilhelm Junghuhn, menanam kina pertamanya di daerah Pangalengan. Tentu ini bukanlah kina pertama yang ditanam di Pulau Jawa. Lokasi ini juga bukanlah satu2nya tempat penanaman kina itu, sebab Hasskarl sudah pernah menanam bibit yang dibawanya dari Peru di Cibodas. Tapi di sinilah monumen peringatan penanaman kina didirikan pada tahun 1955.

Tak jauh dari jalan raya Pangalengan, Junghuhn juga menanam kina di daerah yang kelak bernama Kampung Kina, Cibeureum. Selain itu juga di halaman rumah kerjanya di sebuah komplek bukit dekat Wanasuka yang sekarang bernama Pasir Junghuhn dan kemudian di tempat tinggalnya yang baru di Lembang.

Jauh sebelum kedatangan keluarga Preangerplanters yang dipelopori oleh Willem van der Hucht, Junghuhn sudah berkali-kali mengelilingi wilayah Jawa bagian Barat. Ia sudah hadir di Pangalengan dan mendaki Malabar sebelum kedatangan Kerkhoven atau Bosscha.

Di tempat2 itu, bahkan sampai ke Cikembang, pernah tumbuh legenda pohon-pohon kina tertua yang ditanam oleh Junghuhn sendiri. Sayang sekali, legenda itu perlahan lenyap karena perkebunan kina sudah berubah rupa dan pohon2 kina tertua satu per satu tumbang ditebang orang.

Junghuhn memang peneliti dan pekerja yang tangguh, ia dapat tinggal di mana saja kerja membutuhkannya. Dalam kerja lapangan, ia dapat tinggal berminggu-minggu di alam bebas. Ia pernah tinggal baik di Cibogo, Cianjur, Pangalengan, atau Garut, sebelum memilih tempat tinggal terakhirnya di Lembang.

Jauh sebelum kedatangan keluarga Preangerplanters yang dipelopori oleh Willem van der Hucht, Junghuhn sudah berkali-kali mengelilingi wilayah Jawa bagian Barat. Ia sudah hadir di Pangalengan dan mendaki Malabar sebelum kedatangan Kerkhoven atau Bosscha. Ia mencatat secara rinci hasil2 pengamatannya tentang geologi dan botani Jawa Barat serta menerbitkannya melalui jurnal2 ilmu pengetahuan.

Junghuhn memang sudah lama bekerja dengan mobilitas tinggi baik di Pulau Jawa atau Sumatera, bahkan sampai ke wilayah Eropa. Itu semua berlangsung lama sebelum ia berurusan dengan tumbuhan yang kelak sering dikaitkan dengan namanya, kina.

Advertisements